– Open u’r Mind –

Auditor Bukanlah “Watch Dog”! Tetapi “Business Partner”

auditor_at_work

Yap’ itulah gambaran seorang auditor dulu, sekarang jaman dah berubah.. kondisi persaingan berubah, industri berubah, teknologi berkembang pesat, pengetahuan terus bertambah.. Hanya perubahan itu sendiri yang tidak berubah.

Apa maksud istilah watch dog?? ya dulu seorang auditor di persepsikan sebagai seseorang yang angker, mencari-cari kesalahan, galak, tidak ramah, cenderung sebagai seseorang pengawas setiap gerak gerik auditee. Smua orang yang di audit dah ketar ketir klo ada auditor. Takut ada temuanlah, kesalahan yang mungkin bukan kesalahan orang tersebut 100%.

Bahkan tidak jarang cerita miring tentang auditor agar auditee bisa aman, nego dengan hasil temuan, agar tdk di blow up maka auditee sebisa mungkin memberikan pelayanan istimewa kepada sang auditor.

Hmm tp itu dulu.. sudah saatnya Auditor lebih profesional, memiliki integritas, dan yang utama auditor harus bisa merubah image bahwa Auditor adalah sebagai Business Partner. Bukan di persepsikan sebagai polisi perusahaan tp lbh tepat sebagai mitra strategis / mitra kerja dalam membangun perusahaan.

Peran auditor antara lain : Mencoba mengidentifikasi temuan, mencari latar belakang terjadinya masalah, menguraikan satu-persatu permasalahan hingga ke akar permasalahan, kemudian memberikan alternatif solusi, sehingga sebagai auditee merasa terbantu bukan tertekan –> itu namanya mitra kerja. Namun bagaimana pelaksanaannya? yah itu kembali kepada masing2 pribadi auditor.. memiliki komitmen untuk menjadi mitra kerja atau teteup ingin melekatkan embel2 sebagai polisi dalam perusahaan… Yang pasti perilaku Auditor haruslah luwess, bisa melihat kondisi / load kerja auditee… 🙂

October 3, 2009 - Posted by | Uncategorized

1 Comment »

  1. wedew!manteb om!makany org2 keren ky qta d rekrut jd auditor…tp kalo ngeliat tingkah temen2,gw jd mikir,benerny kantor mau nyari SBP ato badut ancol y?hahaha.

    Comment by kodil | October 22, 2009 | Reply


Leave a comment